KNOWLEDGE BANK FOR TRIALPEDIA

Everything you need to know

Belanja Aman


Pada prinsipnya escrow account disediakan untuk meningkatkan keamanan dalam bertransaksi online, di mana para pihak yang terlibat dalam transaksi tidak bertatap muka langsung. Sistem layanan escrow account ini mendapat sambutan positif dari publik karena dinilai mampu menekan jumlah kasus penipuan yang banyak terjadi dalam transaksi jual beli online.

Escrow account dikelola oleh agen escrow yang berperan mengamankan aset berupa uang yang telah disetorkan oleh pihak pembeli untuk nantinya diserahkan kepada pihak penjual. Penyerahan uang dari pihak pembeli ini dapat dilakukan oleh agen escrow apabila penjual telah mengirimkan barangnya dan diterima oleh pihak pembeli. Jika tidak, maka agen escrow tidak akan menyerahkan uang kepada penjual, tetapi dikembalikan kepada pembeli.

Penggunaan escrow account pada prinsipnya menjamin keamanan bertransaksi bagi kedua belah pihak. Tak hanya itu, escrow account juga menguntungkan para pihak yang bertransaksi. Sebab, escrow account sejatinya memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

  • Melindungi pembeli

Dalam transaksi jual beli online, pembeli sering kali menjadi pihak yang dirugikan karena menjadi korban penipuan. Mekanisme transaksi jual beli online umumnya adalah penjual baru akan mengirimkan barang kepada pembeli, setelah pembeli melakukan pembayaran melalui transfer bank. Dari banyak kasus penipuan online yang terjadi, penjual tidak mengirimkan barang kepada pembeli meski pembeli telah melakukan pembayaran.

Dengan escrow account, hak pembeli untuk mendapatkan barang pesanannya dilindungi. Sebab, pembayaran atas barang yang dibeli tidak langsung dilakukan ke rekening penjual, tetapi ke escrow account yang disediakan oleh agen escrow. Apabila penjual tidak segera mengirimkan barang pesanan dalam jangka waktu yang ditentukan atau disepakati bersama, maka pembeli dapat menarik kembali dana yang telah dibayarkan. Dengan demikian, pembeli tidak mengalami kerugian kehilangan aset berupa uang yang telah dibayarkan.

  • Melindungi penjual

Penipuan dalam jual beli online tidak hanya memakan korban dari pihak pembeli saja, tetapi juga penjual. Dari kasus yang ada, pembeli mengaku telah melakukan pembayaran melalui transfer ke rekening bank penjual. Selanjutnya pembeli mendesak bahkan memaksa korban untuk segera mengirimkan barang yang dipesannya. Atas kelalaian penjual yang tidak mengecek rekeningnya terlebih dahulu, penjual mengirimkan barang atas permintaan pembeli tersebut.

Guna menghindari aksi penipuan online tersebut, penggunaan escrow account sangat bermanfaat bagi penjual. Penjual baru akan mengirimkan barang kepada pembeli, apabila pembeli benar-benar telah melakukan pembayaran. Hal ini tentunya dikonfirmasi oleh agen escrow yang menjadi perantara dalam transaksi jual beli tersebut. Setelah pembeli menerima barang pesanannya, penjual berhak untuk mendapatkan sejumlah pembayaran yang telah ditransfer oleh pembeli.

Meski terbilang aman dan hak-hak para pihak yang bertransaksi terlindungi, namun penggunaan escrow account ini memiliki kelemahan yakni waktu untuk mendapatkan pembayaran atas barang penjual menjadi lebih lama. Pembeli yang telah melakukan pembayaran, tak serta-merta diberikan kepada penjual. Agen escrow harus memastikan terlebih dahulu bahwa penjual telah mengirimkan barang kepada pembeli dan pembeli telah menerima barang dengan baik. Oleh sebab itu, penjual harus menunggu lebih lama untuk menarik pembayaran dari agen escrow.



Do you still have questions ?

Our support agents are ready with the answers.
Contact Us
@ Copyright Trialpedia.net 2020. All Rights Reserved. By using our services you agree to our Terms Of Service, Services Fees & Privacy Police.